
Pemenuhan dan peningkatan IKU I dan II di dalam upaya peningkatan akreditasi program studi dan institusi, diperlukan laporan kegiatan kemahasiswaan yang terstruktur. Pada rangka penguatan tata kelola bidang kemahasiswaan yang berdampak dalam menjalankan kegiatan diluar program studi, lembaga layanan pendidikan tinggi di wilayah X (LLDIKTI X) melaksanakan kegiatan Diseminasi Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta yang berada pada wilayah X, Provinsi Sumatera Barat dan jambi.

“Diseminasi Bidang Kemahasiswaan”, yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah X, dengan bekerjasama dengan kementerian pendidikan tinggi, sains, dan teknologi Republik Indonesia, yang diwakilkan oleh tim BELMAWA di dalam pelaksanaan kegiatannya menyampaikan materi terkait SIMBELMAWA dan SIMKATMAWA.
Materi tata kelola bidang kemahasiswaan diawali dengan pemaparan dari Bapak Dr. Gatot Sugiharto,S.H.,M.H, dari Universitas Ahmad Dahlan. Beliau adalah kepada pelayan kemahasiswaan dan alumni UAD, Yogyakarta. Sesuai dengan pemaparan beliau bahwasanya ada 6 tipe mahasiswa berdasarkan telaah praktis di lapangan.

Sesuai dengan karakter dan generasinya, maka mahasiswa dan calon mahasiswa saat ini sangat membutuhkan skill, pengalaman internasional, jaringan, dan prospek kerja. Sementara di dalam menjalani kehidupannya didunia perkuliahan, mahasiswa cenderung menghadapi tantangan internal berupa stress akademik dikarenakan tekanan tugas, ujian, dan persaingan kemampuan. Kesulitan dalam menghadapi keseimbangan hidup antara akademik, organisasi, dan atau kehidupan probadi. Selanjutnya krisis identitas dalam mencari jati diri dan tujuan hidup di tengah perubahan yang sangat cepat.

Hendaklah bidang kemahasiswaan di setiap perguruan tinggi berupaya menjadi mata air – mata air bagi mahasiswa di dalam rencana pengembangan kemampuan mereka. (filosofi pengembangan kemahasiswaan). Bimbinglah mahasiswa agar mereka bisa berdiri sendiri dalam menghadapi tantangan hidup berikutnya, dan mandiri dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya.